Jumat, 16 Maret 2012

reflaksi kasus

RETRAKSI KASUS
MANAJEMEN ASUHAN KEBIDANAN PAD NY “Y” DENGAN NIFAS POST SC ATAS INDIKASI SOLUSIO PLASENTA DIKAMAR BERSALIN IRNA KEBUDANAN
 RSUP M. JAMIL PADANG


Oleh :
NUR AFITRIYANI
0921860


STIKes MERCUBAKTIJAYA PADANG
2012


REFLEKSI KASUS
Ibu post section caesarea tiba di kamar bersalin  jam 13.00 dan segera dibawa ke ruang RR kebidanan, lalu saya segera menyiapkan tempat tidur ibu dengan posisi kepala lebih ditinggikan dan saya ditugaskan untuk bertanggung jawab pada ibu tersebut untuk melakukan asuhan kebidanan pada ibu nifas post section caesarea.
            pertama yang saya lakukan pada ibu tersebut yaitu mengukur tekanan darah, suhu, nadi, pernafasan, tetesan infuse, perdarahan ibu, melakukan vulva hygine, lochea, mencatat intake output, melakukan pemeriksaan penunjang. Setelah 2 jam post section saya melakukan anamnesa pada ibu tersebut. Pada 2 jam pertama ibu masuk diruangan RR ibu sempat mengalami tekanan darah yang tinggi dikarenakan ibu baru selesai operasi Caesar.
            Setelah 6 jam persalinan ukur TFU ibu dan ibu baru dibolehkan untuk minum teh hangat terlebih dahulu karena teh manis hangat dapat menghasilkan energi lebih cepat. Dan memberikan terapi pada ibu sesuai dengan orderan yang diberikan dokter.
            Hari kedua post section caesarea, melakukan perawatan luka bekas section, mengukur tekanan darah ibu, suhu, pernapasan, nadi, TFU, lochea, mencatat intake output, melakukan personal hygine, dan memberikan teraapi sesuai order dokter.
            Setelah saya melakukan asuhan pada ibu saya menjelaskan hasil pemeriksaan kepada ibu, dan tidak lupa saya membina hubungan saling percaya pada ibu. Dan menganjurkan ibu untuk beristirahat
Asuhan yang difikirkan adalah :
1. melakukan pemantauan nadi, pernapasan, suhu, tekanan darah.
2. melakukan pemantauan pedarahan ibu.
3. melakukan pengukuran TFU ibu.
4. melakukan pemantauan jumlah tetesan infuse ibu.
5. melakukan penghitungan intak output ibu.
Diagnosa :
Asuhan kebidana dengan nifas post sc dengan indikasi solusio plasenta
Yang dilakukan ketika itu sama dengan apa saja yang saya fikirkan sesuai apa yang dilakukan saya adalah :
1. melakukan pemantauan nadi, pernapasan, suhu, tekanan darah.
2. melakukan pemantauan pedarahan ibu.
3. melakukan pengukuran TFU ibu.
4. melakukan pemantauan jumlah tetesan infuse ibu.
5. melakukan penghitungan intak output ibu.
            Asuhan yang diberikan cocok dengan teori dan melakukan pemeriksaan tanda tanda vital dan jumlah 
perdarahan serta suhu ibu.  

1 komentar: