Kamis, 19 Mei 2011

KELUARGA


MMengapa keluarga ditemukan pada setiap masyarakat? Apakah mungkin, dengan teknologi modern, untuk menghapuskan keluarga?
·         Karena masyarakat merupakan kumpulan – kumpulan dari kelurga. Tidak mungkin kelurga  dapat dihapuskan dari teknologi modernr, karena mau bagaimanapun teknologi modern tidak akan dapat menghapuskan keluarga sebab kelurga adalah suatu lembaga sosia dasar dan terus berkembang dan semakin komplek sehingga dizaman modern ini keluarga masih sangat diperlukan.
2.      Mengapa dewasa ini peranan orang tua dalam penentuan dan pemilihan jodoh anak – anaknya makin terbatas? Apakah mereka masih menginginkan peranan yang lebih besar dalam pemilihan jodoh?
·         Karena pada zaman sekarang rata – rata anak yang sudah dewasa dapat menilih atau menyeleksi siapa jodoh yang dia suka dan dia rasa cocok dengan dirinya. Tetepi dalam pemilihan jodoh orang tua harus juga diikuti dalam memilih dan menyeleksi jodoh yang bagaimana cocok untuk anaknya. Karena orang tua juga masih berperan dalam pemilihan jodoh. Tetapi itu tergantung dengan anaknya mau atau tidaknya. Karena anak juga diberikan kebebasan untuk memilis jodoh.
3.      Dalam suatu masyarakat seperti masyarakat Trobiant, dimana seorang pria tidak mempunyai kewajiban khusus atau kasih sayang khusus terhadap anak – anaknya, mungkinkah seorang pria dapat bersikap “kebapakan” terhadap anak – anak saudara kandung wanitanya?
·         Mungkin pria tersebut dapat bersikap kebapakan terhadap saudara wanitanya. Dan pria tersebut juga memberikan kasih  sayang dan perhatiannya kepada saudara wanitanya. Mungkin pada masyarakat trobiat khususnya kaun pria tidak dapat melakukan hal tersebut, karena masyarat trobiant menganggap peranan wanita itu lebih besar kewajibannya untuk memberikan kasih sayang untuk anak – anaknya.
4.      Kita menggunakan istilah “ paman” bagi saudara kandung laki – laki bagi bapak atau ibu. Diantara suku toda istilah “bapak” tidak hanya untuk ayahnya sendiri, tapi juga semua pamannya. Apa pentingnya fariasi terminology semacam itu? Banyak juga masyarakat yang tidak mempunyai kata untuk” anak haram” apa maksud penghilangan itu?
·         Mungkin saja istilah paman bagi saudara laki – laki diantara suku toda hanya untuk bagaimana cara mengakrabkan keponakan dengan pamannya, meskipun paman itu bukan ayahnya. Karena dengan panggilan bapak dapat lebih akrab. Sebutan anak haram itu tidak ada tetapi perbuatan yang dilakukan orang tuanyalah  yang dianggap haram. Sebutan anak haram itu tidak ada karena anak tersebut dilahirkan suci dan tidak berdosa. Dan apabila anak tersebut diakui didalam masyarakat seharusnya orang tuanya menikah secara sah, supaya anak tersebut dapat diakui didalam masyarakat.
5.      Bagaimanakah struktur kelurga dalam masyarakat tertentu menggambarkan konsep integrasi dan relativisme kebudayaan?
·         Struktur yang menggambarkan adalah dimana keluarga tersebut mampu menyaring dan menerima kebudayaan yang sesuai menurut adat istiadat. Struktur keluarga dalam masyarakat terdiri dari :
 ayah, ibu, anak, nenek, kekek, tante, paman.
6.      Ciri –ciri kepribadian manakah yang menyebabkan konflik diantara partner perkawinan? Apakah cirri itu juga menciptakan kesulitan dalam kommune, perkawinan kelompok atau hidup bersama tanpa menikah?
·         Kurang adanya komunikasi didalam keluarga, keegoisan masing – masing, tidak adanya salah satu yang saling mengalah, tidak adanya keterbukaan.
Sehingga konfilik kekerasan sering terjadi dikelurga sehingga terjadilah perceraian sehingga dapat menciptakan suatu permasalahan yang sangat besar didalam perkawinan.
7.      Dalam teks ada tertulis bahwa “satu dari dua perkawinan akan berakhir dengan perceraian, tapi juga, “tiga per lima perkawinan bertahan sampai mati”. Bagaimana keduanya dapat sama – sama benar?
·         Semuanya dapat kita katakan benar kerena pada kenyataan yang kita lihat saat ini tidak mungkin semua rumah tangga mempunyai masalah dan bisa menyelesaikannya dengan baik hingga rujuk kembali. Pada akhirnya mereka akan memilih bercerai demi kebaikan mereka dan keluarga, namun sebagian besar keluarga bisa mengatasi masalah yang timbul dalam keluarganya hingga bisa mempertahankan rumah tangganya hingga akhir. Karena fakta inilah kita bisa mengatakan pernyataan diatas  benar dan sesuai dengan fakta yang ada.
8.      Mengapa kekerasan keluarga paling umum terjadi dalam kelas yang paling rendah?
·         Karena kekerasan itu terjadi akibat adanya suatu masalah yang terjadi dalam keluarga dan karena kurangnya pengetahauan bagaimana penyelesaian terbaik yang bisa ditempuh karena hal inilah demi melampiaskan amarah yang tak terkendali maka terjadilah kekerasan dalam rumah tangga
9.      Apakah anda percaya suatu undang – undang yang menuntut agar orang tua diberitahu sebelum anaknya diberi alat kontrasepsi akan mengurangi perbuatan seks atau malah meningkatkan kehamilan kaum remaja? Mengapa?
·         Jikhidupana seorang anak deberikan alat kotrasepsi mungkin saja bisa mengurangi kehamilan remaja tapi hal ini pasti akan meningkatkan perbuatan seks remaja karena mereka sudah tidak takut lagi akan mengalami kehamilan diluar nikah. Hal ini tentu tidak baik bagi kehidupan remaja. Karena akan merusak masa depan mereka. Karena itu alangkah lebih baiknya anak tidak diberikan alat kontrasepsi namun diberikan pengarahan tentang bagaimana pergaulan yang baik dan sehat demi masa depannya.
10.  Bagaimana perubahan yang berlangsung sekarang ini dalam keluarga menggambarka antar hubungan lembaga – lembaga?
·         Didalam keluarga telah diajarkan bagaimana menempatkan diri dalam suatu lembaga dan bagaimana juga manfaat lembaga bagi kita. Begitu juga sebaliknya sekarang ini telah banyak lembaga – lembaga sosial yang mengarahkan kita pada pendidikan hal yang lebih baik dan sesuai jalur yang ada, hal ini tidak terlepas dari pendidikan awal yang kita dapat dalam keluarga. Dengan ini akan tercipta hubungan yang baik antar lembaga dan keluarga.
11.  Bagaimana pendapat anda pernyataan – pernyataan berikut ini:
a)                   Perceraian merupakan suatu lembaga yang penting dan berguna bagi masyarakat seperti masyarakat kita.
·         Suatu lembaga perceraian akan berguna bagi masyarakat bila ia berhasil kembali merujukkan kembali keluarga yang hampir pecah, jadi pada dasarnya lembaga perceraian itu bukan untuk mengakhiri suatu rumah tangga tapi seharusnyabisa menyatukan kembali keluarga yang hamper pecah
b)                  Perceraian merupakan sebab dan bukti kehancuran keluarga, maka dibuat lebih sulit.
·         Dibuat lebih sulit bertujuan supaya prosesnya lama dan dalam waktu tenggang itu diharapkan pihak yang ingin bercerai itu bisa berpikir kembali untuk melanjutkan perceraian itu dan bisa menimbang lagi keputusannya untuk bercerai dan memikirkan baik buruknya bagi keluarganya kedepannya, dengan harapan perceraian itu bisa dibatalkan dan berusaha memperbaiki hubungan itu lagi.
12.  Diskusikan kedua proposisi ini:
a)      Sosialisasi yang cocok dari anak-anak menuntut pengawasan yang akrab,kontiniu dan kasih sayang yang lemah lembut,tentang hanya dapat diberikan oleh seorang ibu full time.
·         Hal ini betul sekali, karena jika seorang anak tidak atau kurang diperhatikan oleh ibu maka dengan sendirinya anak tersebut akan mencari perhatian dari luar bisa jadi dengan melakukan hal – hal yang salah. Karena itu perhatian dan kasih sayang seorang ibu harus selalu ada tuk anak kerena ibulah orang pertama yang bisa dikenal dengan baik oleh seorang anak.
b)      “ kontak ibu anak tak terputus-putus mendorong ketergantungan yang berlebihan anak berkembang paling sehat bila dipelihara dengan penuh tanggapan hangat beberapa orang dewasa.”
·         Benar, karena bila ditanggapi dengan baik dan benar dan selalu diperhatikan otomatis si anak akan selalu nurut apa yang kita katakan karena menurutnya kita itu adalah yang paling benar.

13.  Diskusikan kedua proposisi ini :
A)    Keluarga amerika menjadi kacau karena adanya perubahan social pada abad yang lalu.
·         Hal ini wajar terjadi karena perubahan sosial akan merobah juga cara hidup dan kebiasaan karena harus menyesuaikan dengan keadaan yang ada saat itu demi kelangsungan hidupnya
B)    Keluarga amerika sedang mengorganisasikan dirinya sendiri  untuk untuk memenuhi kebutuhan manusiawi yang sedang berubah dalam masyarakat yang sedang berubah.
·         Cara ini sangat bagus sekali karena bisa menormalkan kembali kehidupan keluarga yang sempat kacau karena perubahan sosial, dengan adanya pengorganisasian ini diharapkan tiap keluarga bisa menyesuaikan kembali cara hidupnya dengan perubahan saat ini.



























Keluarga

            Keluarga terdiri dari orang-orang yang berasal dari kepribadian yang berbeda-beda. Latarbelakang kehidupan merekapun berbeda satu sama lainnya. Dalam keluarga terdapat perbedaan antar anggota keluarga tersebut.
          Dalam keluarga saya, ibu saya merupakan orang yang tegas. Maksudnya, apa pun yang saya lakukan harus sesuai dengan pendapatnya. Jika menurutnya ada hal-hal yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkannya,maka dia akan memberikan jalan atau berupa gambaran agar saya tidak menyalahi aturan yang telah ditetapkan oleh ibu saya tersebut.
          Dalam keluarga saya diberi kesempatan untuk mengeluarkan pendapat dan memilih serta mengambil keputusan. Tapi harus dengan alas an yang tepat dan tidak menilmbulkan kerugian  bagi diri saya sendiri dan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar